Seekor Harimau Sumatera Kembali Meninggal

Seekor Harimau Sumatera Kembali Meninggal

Medan -Lagi lagi Anggota Komisi III DPRD Kota Medan Mulia Syahputra Nasution SH MH kembali berduka atas meninggalnya seekor Harimau Sumatera betina bernama Nurhaliza alias Putri pada 31 Desember 2023. Pasalnya, berikut ini Nurhaliza, Harimau di Medan Zoo sudah berjumlah 3 ekor yang terdiri dari 2 ekor Harimau Sumatera dan 1 ekor Harimau Benggala yang mati dalam dua bulan terakhir yaitu November hingga Desember 2023.

Seperti Diketahui, selain Nurhaliza, seekor Harimau Benggala bernama Avatar juga ditemukan mati di Medan Zoo pada Desember 2023. Selanjutnya atau ketiga, seekor Harimau Sumatera jantan bernama Erha juga ditemukan mati di Medan Zoo pada 3 November 2023.

“Dalam waktu dua bulan saja yaitu November dan Desember 2023, ada 3 ekor harimau yang mati di Medan Zoo. Kejadian ini tentu sangat miris bagi kami, perlu ada perhatian dan tindak lanjut dari kejadian ini,” kata Mulia, Senin (8 /1) /2024).

Ia menambahkan, matinya 3 ekor harimau di penghujung tahun 2023 di Medan Zoo menjadi bukti buruknya kinerja PUD Pembangunan Kota Medan sebagai salah satu BUMD Pemko Medan dalam mengelola Medan Zoo.

“Ini harus menjadi perhatian Badan Pengawas, segera evaluasi kinerja PUD Pembangunan. Meski saat ini belum ada Dirjen PUD Pembangunan Kota Medan yang definitif, namun ada 3 direktur definitif lainnya yang harus ikut bertanggung jawab dalam hal tersebut,” dia berkata.

Mulia berharap Badan Pengawas dapat terus mendorong PUD Pembangunan untuk segera memperbaiki pengelolaan Medan Zoo. Sebab jika tidak, Medan Zoo akan terus tergerus dan dilupakan oleh masyarakat karena tidak mampu lagi bersaing dengan kebun binatang swasta yang ada di sekitar kota Medan.

“Segera perbaiki pengelolaan Medan Zoo. Baik dengan mencari investor atau dengan cara lain, intinya pengelolaan Medan Zoo harus dibenahi,” tegasnya.

Khusus koleksi harimau yang selama ini menjadi andalan Medan Zoo, Mulia meminta agar PUD Pembangunan mencari solusi dengan menggandeng pihak terkait.

“Sekali lagi kami sangat menyayangkan buruknya pengelolaan Medan Zoo sehingga koleksi harimau yang selama ini menjadi satwa andalan Medan Zoo terus berkurang akibat tidak dirawat dengan baik. PUD Pembangunan Kota Medan harus segera mencari solusinya. Solusinya, segera bekerja sama dengan pihak terkait untuk menyelamatkan harimau-harimau di Medan Zoo,” tutupnya.(Ir)

admingennews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *