SDABMBK Diminta Realisasikan Program Merata

SDABMBK Diminta Realisasikan Program Merata
Anggota Komisi IV DPRD Medan, Dedy Aksyari Nasution, mendesak Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan segera merealisasikan program Medan Rapi Tanpa Kabel (Merata) yang dicanangkan sejak 2022 lalu. Selain mengurangi estetika kota, kabel yang semrawut dikhawatirkan membahayakan masyarakat yang melintas.

Politisi Partai Gerindra ini mencontohkan, hujan deras yang terjadi pada, Sabtu (5/8/2023) lalu, menumbangkan banyak pohon dan kabel-kabel utilitas di Kota Medan.

“Contohnya saat hujan Sabtu sore yang lalu, banyak kabel yang putus karena tertimpa pohon. Selain warga menjadi susah karena padamnya listrik akibat putusnya kabel, kondisi kabel yang menjuntai juga sangat membahayakan warga sekitar ataupun setiap orang yang melintas,” ujarnya dilansir Rabu (9/8/2023).

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Medan itu menilai, program Merata yang dicanangkan Pemko Medan adalah program yang sangat baik. Sebab tak hanya indah secara estetika, namun kabel yang ditanam sesuai program Medan Tanpa Kabel akan sangat melindungi warga dari bahaya kabel yang menjuntai.

“Makanya kita mendorong agar program Medan Rapi Tanpa Kabel ini harus segera terealisasi. Semakin cepat semakin baik. DPRD Medan siap menganggarkan program tersebut, Pemko Medan juga bisa merealisasikan program lewat sistem KPBU (Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha),” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution, mengakui masih banyak kabel utilitas di Kota Medan yang terpasang semrawut. Dijelaskan, program Medan Rapi Tanpa Kabel utilitas ini sudah lama dicanangkan dan masih tahap proses kerjasama dengan berbagai pihak.

“Iya beserak (semerawut) memang kabel utilitas di Kota Medan ini. Kita melihat dan merasakan kabel-kabel yang di udara dan ini mulai mengganggu keestetikaan Kota Medan,” kata Bobby Nasution usai menghadir rapat paripurna di Gedung DPRD Medan, Senin (7/8) kemarin.

Sekadar mengingatkan, adapun 18 ruas jalan yang masuk ke dalam Program Merata yakni;

1. Jalan Jendral Sudirman

2. Jalan Diponegoro

3. Jalan Letjen Suprapto

4. Jalan KH Zainul Arifin

5. Jalan SParman

6. Jalan Gajah Mada

7. Jalan Imam Bonjol

8. Jalan Pemuda

9. Jalan Wolter Mongonsidi

10. Jalan Palang Merah

11. Jalan Raden Saleh

12. Jalan Ir H juanda

13. Jalan Perintis Kemerdekaan

14. Jalan Iskandar Muda

15. Jalan Brigjen Katamso

16. Jalan Kapten Maulana Lubis

17. Jalan Putri Hijau

18. Jalan Guru Patimpus.

admingennews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *